Ad Code

Responsive Advertisement

Ensiklopedi Muhammad (EnsiM)

Ensiklopedi Muhammad (EnsiM)

Ensiklopedi terlengkap seputar Nabi Muhammad Saw yang memiliki 7 keistimewaan.

  1. Satu-satunya buku yang mengupas pribadi Nabi Muhammad berdasarkan 10 aspek status dan profesi manusia dalam hidup.
  2.  Metode penulisan buku merupakan gabungan metode kronologis dan tematis.
  3. Ditulis oleh cendekiawan terkemuka Pakistan, Afzalurrahman.
  4. Merujuk pada kitab-kitab karya ulama Muslim (’ulama ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah) masa lalu dan masa kini, di antaranya penyusun Kitab Hadis Shihah Sittah (6 kitab hadis Sunni), Ibn Ishaq, Ibn Hisyam, Al-Thabari, Ibn Qayyim, Ibn Katsir, Ustaz Sayyid Quthb, Dr. Mustafa Saba’i.
  5. Diperkaya beragam artikel dan tulisan ulama terkemuka dunia Islam sejak zaman klasik hingga modern, seperti tulisan Al-Ghazali, Ibn al-Qayyim, Syah Waliyullah, Abul A’la HAMKA, Mustafa Siba’i, Syaikh Abu Zahra.
  6. Disunting dan diperkaya oleh RedaksiPelangi Mizan dari buku aslinya hingga ringkas, padat, informatif dengan penambahan materi serta ilustrasi yang menarik dan artistik. Materi tambahan suntingan redaksi Pelangi Mizan diambil dari beragam sumber, luar maupun dalam negeri.
  7. Rujukan silang ke buku-buku program Life-Long Learning MDS lainnya.

Muhammad sebagai Nabi

Berisi pembahasan tentang manfaat mempelajari kehidupan Nabi Muhammad Saw.; Uraian biografi Nabi secara ringkas sejak lahir hingga wafat; berbagai aspek, tujuan, dan tugas Nabi Muhammad sebagai nabi; bukti-bukti kenabian beliau dalam Taurat dan Injil, sebagaimana masih terlacak dalam Bibel; bukti-bukti kenabian beliau dalam Al-Quran; serta pembahasan tentang makna, filosofi, juga tata cara shalawat dan salam terhadap Nabi.

Muhammad sebagai Pribadi Mulia

 Mengungkap sifat-sifat mulia Nabi: sopan; baik hati terhadap orang miskin, anak-anak, hambasahaya, perempuan, binatang, kerabat, anak yatim, dan non-Muslim; penuh cinta kasih; pemaaf; ramah; suka berkorban; sederhana; rendah hati; lembut; tulus; jujur; adil dalam bidang bisnis dan hukum; menepati janji; saleh; moderat; teguh; berani; sertahumoris.

Muhammad sebagai Pedagang

Kondisi perniagaan pada zaman Arab Kuno dan karier dagang Muhammad pada masa itu diungkap dalam jilid ini. Pembahasan disertai dengan penjelasan tentang prinsip-prinsip perdagangan dalam Islam dan teladan Nabi dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam bisnisnya; solusi Islam terhadap masalah ekonomi; sistem ekonomi Islam; masalah pemerataan ekonomi dan fungsi negara; keadilan ekonomi; konsumsi, produksi, dandistribusi; serta faktor-faktor produksi.

Muhammad sebagai Suami dan Ayah

Jilid ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas ajaran Nabi tentang filosofi dan hikmah pernikahan; hubungan timbal balik antara suami istri serta hak dan kewajiban masing-masing; teladan Nabi dalam membangun rumah tangga; profilnya sebagai suami teladan; perincian kisah rumah tangga beliau bersama semua istrinya; serta alasan di balik poligami Nabi. Bagian kedua mengungkap teladan Muhammad sebagai ayah yang penuh kasih sayang, serta perincian episode menarik sang Nabi bersama anak-anak dan cucu-cucunya.

Muhammad sebagai Pendidik

 

Jilid ini diawali dengan pembahasan tentang fondasi pendidikan (tauhid, akhirat, dan akhlak mulia). Bagian berikutnya menguraikan etika dakwah dan pendidikan Nabi; teladan beliau dalam mendidik diri sendiri, keluarga, dan masyarakat; metode pendidikan Nabi; serta pengaruh ajaran Nabi terhadap kemajuan kebudayaan manusia.

Muhammad sebagai Pencinta Ilmu

Mengungkap hakikat ilmu pengetahuan, pencarian kebenaran, penalaran, dan kebebasan; sumbangsih Nabi terhadap pengetahuan; tuntunan Nabi untuk beriman berdasarkan nalar; serta pengaruh luas Islam terhadap kebudayaan (meliputi pengaruh dalam bidang institusisosial, hukum internasional, bisnis dan perdagangan, geografi dan astronomi, astrologi, matematika, fisika, mekanik dan gaya, optik, kedokteran dan farmakologi botani, alkimia (kimia), filsafat dan teologi, ilmu pengetahuan alam, geologi, mineralogi, botani, zoologi, arsitektur, seni kriya, sejarah, sastra, pendidikan dan perpustakaan, pembuatan kertas, serta seni murni.

Muhammad sebagai Negarawan

Berisi uraian peran Muhammad sebagai pemimpin masyarakat selama di Makkah dan pemimpin sebuah negara di Madinah; ajaran beliau tentang hukum dan ketertiba negara, administrasi negara, kebijakan perang, tawanan perang dan pemberian amnesti; perjanjian dengan berbagai suku; hubungan internasional dan kebijakan luarnegeri; diplomasi politik; surat-surat Rasulullah SAW. kepada para penguasa; serta penerimaan utusan dari berbagai suku.

Muhammad sebagai Pemimpin Militer

“Islam Agama Damai” mengawali pembahasan tentang Muhammad sebagai pemimpin militer dalam jilid ini. Selanjutnya, dibahas tentang strategi militer; aspek kepemimpinan dan organisasi; geografi strategis dan sistem patroli; prinsip fundamental perang; system keamanan; kebijakan terhadap suku Yahudi; hikmah, kebijakan, serta hukum-hukum perang.

Muhammad sebagai Hakim

Jilid ini menguraikan penjelasan tentang Sunnah Nabi sebagai sumber hukum dan kewajiban menaatinya; prinsip-prinsip hukum Islam; hukum dagang; hukum keluarga; hokum waris; hukum kriminal; dan hukum pernikahan.

Muhammad sebagai Pejuang Kemanusiaan

Jilid ini membahas ajaran-ajaran Nabi yang membela dan mengangkat derajat dan martabat kemanusiaan. Pokok bahasannya meliputi kesetaraan umat manusia; kebebasan berpikir dan berekspresi; hak-hak perempuan; kesejahteraan sosial; toleransi beragama; berakhirnya sistem kasta dan feodalisme; serta ajaran Islam yang membebaskan manusia dari belenggu perbudakan.

Tentang PenulisAfzalur Rahman (1915-1998) adalah cendikiawan muslim otodidak asal Pakistan. Pada 1967, ia hijrah ke Inggris dan mendirikan The Muslim Education Trust (MET). Ensiklopedi Muhammad adalah terjemahan dari karyanya Encyclopedia of Seerah

Spesfikasi
Terdiri dari 10 jilid
100-150 halaman perjilid
Hard Cover
Full Colour
Isi kertas matepaper 150gr

Harga
IDR 2.487.500,-
cash disc 20%
 
*Tersedia sistem angsuran 3 bulan, 6 Bulan dan 12 Bulan

Info harga selengkapnya klik DAFTAR HARGA

Untuk pemesanan, harga promo atau angsuran dan arisan, hubungi :
WA : 0822-3868-4024
BBM : 555F37E

-Diah indri-

Posting Komentar

0 Komentar